BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS »

Daftar Pengunjung Saalam Dunya Akherat

free counters

Jumat, 20 Agustus 2010

"Cinta Ka Persib, Moal Leungit"

Innalillahi wainna illaihi rojiun. Berita duka kembali menyelimuti dunia seni budaya, Jawa Barat khususnya, tanah air umumnya. Telah meninggal dunia Raden Aang Kusmayatna Kusumadinata yang lebih dikenal dengan nama Kang Ibing, Kamis (19/8) sekira pukul 21.00 WIB, di RS Al-Islam Jl. Soekarno Hatta Bandung. Almarhum dilarikan keluarga serta kerabatnya dari rumah duka di Bunga Bakung Ciwastra akibat mengalami pendarahan dan jatuh pingsan sesaat setelah terjatuh.

"Sampai kapan pun rasa cinta Akang ka Persib mah moal leungit. Akang masih ngabobotohan keneh Persib nepi ayeuna tapi ngan ukur (nonton) di tipi"

Kang Ibing -- Galamedia, 29 Maret 2010

SELAIN sebagai seniman, Kang Ibing juga dikenal sebagai bobotoh fanatik Persib Bandung. Kutipan yang mengawali tulisan ini menunjukkan betapa besarnya kecintaan Kang Ibing terhadap tim kebanggaan warga Kota Bandung ini.

Dukungan yang diberikan Kang Ibing untuk Persib bukan sekadar pengakuan. Ia pernah memberikan dukungan nyata dengan menciptakan Mars Persib pada tahun 1987. Bersama koleganya sesama seniman Bandung, trio penyanyi Bimbo, Hetty Koes Endang, dan Nia Daniati, Kang Ibing menciptakan lagu berjudul "Persibku Jaya". Lagu itu membahana dalam setiap laga Persib di babak 6 Besar Kompetisi Perserikatan 1986/1987 di Stadion Utama Senayan Jakarta, 25 Februari - 11 Maret 1987.

Hal itu dibenarkan mantan pemain Persib era 80-an, Bambang Sukowiyono. "Kang Ibing adalah seniman yang kecintaannya terhadap Persib tak perlu diragukan lagi. Saya masih ingat, setiap kali Persib akan main, beliau sudah hadir di Hotel Asri Jakarta yang menjadi markas Persib untuk memberi dukungan langsung," katanya.

Jadi inspirasi

Ketika Kang Ibing merilis lagu berjudul "Jung Maju Maung Bandung" pada tahun 1990-an, lagu itu semakin mengukuhkan namanya sebagai pioner pencipta lagu pengobar semangat Persib. Jejak Kang Ibing tersebut menjadi inspirasi seniman dan musisi Kota Bandung lainnya di era tahun 2000-an.

Di dalam lagu "Jung Maju Maung Bandung" tergambar jelas besarnya dukungan Kang Ibing untuk Persib. Simak penggalan lirik lagu tersebut.

"Tentu saja, sebagai mantan pemain yang pernah mendapat dukungan langsung, saya dan seluruh rekan-rekan mantan Persib merasa kehilangan dan turut berduka cita atas wafatnya Kang Ibing," tambah Suko.

Kang Ibing, pelawak senior Jawa Barat yang terkenal dengan karakternya sebagai Si Kabayan, kelahiran Sumedang, Jawa Barat, 20 Juni 1946. Mengenai sebab-sebab meninggalnya almarhum, baik pihak keluarga maupun kerabat belum bisa memastikan.

“Kejadiannya begitu cepat, almahum terjatuh saat akan pergi ke kamar mandi dan langsung tidak sadarkan diri. Karena tidak kunjung siuman pihak keluarga dan kerabat langsung melarikan ke rumah sakit (RS Al Islam). Namun belum lama menjalani perawatan, jiwanya tidak tertolong lagi,” ujar Tatan Sugandi, salah seorang kerabat almarhum.

Pukul 22.00 WIB, jenazah almarhum diberangkatkan dari RS Al Islam ke rumah duka di Bunga Bakung Ciwastra untuk disemayamkan.

0 komentar: